Pengalaman sebagai Pembina Sentra

Maret 22, 2017


Berselang 2 hari dari tanda tangan kontrak, saya mulai masuk kerja. Penampilan saya lebih mirip anak kuliahan ketimbang seorang pegawai. Dari kerudung, kemeja dan bawahan bener-bener apa adanya. Maklum, informasi hari aktif kerja agak dadakan. Sedangkan hari sebelumnya saya masih ada di luar kota. Mantaplah hidup saya. Hari pertama masuk, tapi udah ga maksimal.

Pagi hari sekitar jam 7 saya berangkat dari rumah. Saya butuh waktu sekitar 50 menit buat sampe ke Kecamatan Sumberwringin, tempat penempatan saya. Kecamatan Sumberwringin ini adalah salah satu Kecamatan di Bondowoso. Alhamdulillah kebijakan dari kantor pusat penempatan PS disesuaikan dengan Kabupaten domisili. 


Kantor saya bukan kaya kantor Bank lainnya. Bukan kantor yang ada ATMnya, yang ada Customer Servicenya, ataupun yang ada Tellernya. Tapi kantor saya adalah sebuah rumah yang disulap jadi kantor. Kami biasa menyebutnya wisma. 

Wisma jadi kantor sekaligus tempat tinggal bagi kami. Di hari aktif kerja kami wajib tinggal alias menginap di sini. Ruangan depan wisma dipake buat  ngantor. Sedangkan bagian tengah sampe ke belakang dipake buat tempat tinggal. Fasilitasnya cukup lengkap. Saya udah ga perlu bawa barang-barang macam anak kos lagi. Sprei, selimut, detergen, galon, beras, mie instan, minyak goreng, semua udah disediain. Jadi tinggal nyiapin barang-barang yang emang dikonsumsi pribadi aja.

Selain itu, di setiap wisma juga disediain ART. ART di wisma Sumberwringin biasa dipanggil Mbak Fika. Setiap hari Mbak Fika ngebantuin kami dari mulai cuci baju, nyetrika, nyapu, sampe urusan masak. Masakan mbak Fika enak banget lho. Saya sering nanya-nanya resep buat dipraktekin di rumah. Sambil berguru gitu ceritanya :))

Kenapa sih kantornya di wisma? Kenapa ga kaya Bank lainnya? Tar nasabah kesana, eh tiba-tiba PS nya masih pake baby doll lagi. Big no no no. Hal-hal kaya gini ga bakalan terjadi. Karna seluruh transaksi perbankan dilakukan di rumah nasabah. Mau nasabah pinjem modal, nyicil pinjaman, nabung sampe ambil tabungan semua dilakukan di rumah nasabah. PS lah yang bakalan dateng ke rumah mereka, bukan sebaliknya. Ini yang saya suka dari BTPN Syariah, menjemput bola. Mendatangi masyarakat prasejahtera yang kesulitan akses buat datang ke Bank.

Datang ke rumah nasabah jadi pengalaman baru buat saya. Commonly rumah mereka di pelosok-pelosok. Ga jarang dalam hati saya ngomong "Ealah.. ternyata masih ada rumah". Semua serba unpredictable. Di balik pepohonan lebat, yang cuma bisa dilalui satu motor, berkilo-kilo meter dari sini masih banyak peradaban.



Sempet takut juga pas awal masuk ke hutan-hutan begini, tapi lambat laun jadi terbiasa. Kalo ada anjing berkeliaran, saya ga heboh lagi. Atau kalo ada monyet di atas pohon mau curhat, saya langsung cuekin dia. Padahal mah saya takut dia langsung minta bonceng.


Eh tapi di hutan ada cemilan lho. Taraaaaa


Ada strawberry hutan yang bisa dipetik kapan aja. Rasanya asem manis, tapi berhasil bikin ketagihan. 

Sedihnya sinyal di sini masih suka ngilang. Apalagi pas listrik padam. Bukan ngilang lagi, tapi langsung lenyap. Efek positifnya adalaaaaah ga ada ibu-ibu yang maen HP di Pertemuan Rutin Sentra. Sikap mereka selalu hangat satu sama lain, apalagi pas nyambut kedatangan saya *tsaah*

Selain menyusuri hutan, saya juga menyusuri sawah-sawah. 



Rerata rutenya bebatuan. Saya si kurus kadang mental-mental pas ngelewatin. Tangan yang harus kuat pegang setir jadi sering pegal. Kalo udah pegal gitu, biasanya saya berhenti di pinggir sawah buat istirahat. Nyantai dulu tipis-tipis.


Beda hutan, beda sawah, beda juga dengan sungai. Sungai di sini masih bersih + deres banget.  Banyak masyarakat yang manfaatin sungai untuk MCK. Nah pas lewat di pinggir sungai ini nih, saya sering ga sengaja mergoki orang mandi *langsung ngebut* *fokus ke depan*

Kalo ngebaca cerita saya dari atas, mungkin kamu udah bisa ngebayangin dikit-dikit tugas PS  itu gimana. Secara umumnya emang ngebina sebuah sentra atau sekelompok nasabah. Tapi kalo saya bilang sih, PS ini ya Teller, ya Customer Service, ya Kolektor juga. Keren ga tuh bisa ngerangkap-rangkap gitu?

Eitt satu lagi deng, PS disini juga sebagai Fasilitator yang ngasih pelatihan-pelatihan. Tapi emang teori ga selalu sama dengan praktek ya. Fakta di lapang saya ga bisa ngasih pelatihan karna keterbatasan waktu. Cuma ada 1 sentra yang selalu dapet pelatihan di setiap pertemuan. Hey i miss you sentra Sukdul April! 

Kalo kamu yang baca ini adalah calon PS, ga ada salahnya lho kalo tar ngeluangin waktu buat ngasih pelatihan. Pasti tar ibu-ibu tambah semangat setiap kamu dateng :))

Kejadian-kejadian yang saya alami secara ga langsung ngebuat saya jadi lebih banyak bersyukur. Banyak hal yang saya kira udah merata, ternyata masih belum. Ga cuma saya sendiri yang ngerasain hal ini. Tapi temen-temen PS dari wilayah lain juga ngerasain hal yang sama. Kebetulan saat ttd kontrak saya ketemu temen-temen PS dari wilayah JATIM lainnya. Kita bikin grup WA dan saling sharing kondisi di tiap daerah gimana.

Kalo saya ga jadi PS, mungkin saya ga akan nemuin petualangan kaya gini. Berpetualang di tempat-tempat yang beberapa tahun lagi PASTI akan dirindukan. Tapi sayangnya, petualangan ini cuma bisa saya jalani sekitar 2 bulan. Dengan beberapa pertimbangan saya mutusin buat resign. Sebenarnya sedih harus ninggalin ibu-ibu yang baiknya kebangetan. Tapi apalah daya, segala hal emang harus ada yang direlakan bukan?

Udah ah ceritanya. For the last, thank you for stopping by!

You Might Also Like

38 komentar

  1. Kaka... kisahnya epik bgt.. hehe

    Kalau mau update blog, berrti harus nunggu sinyal y kak?

    BalasHapus
  2. Seru mba pengalaman kerjanya, cerita blusukan ke rumah warga di tengah hutan seperti uji nyali ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi lebih banyak uji mental nya mbak Mut 😞😞😞

      Hapus
  3. Hai mba, salam kenal ya

    Wah, seru pengalamannya. Anggap saja seperti sedang ngetrip. Naksir sama buah strawbery hutan. Merah merona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngetrip yang dibayar :D
      Salam kenal kembali Mbak :))

      Hapus
  4. kakak knpa resign?

    BalasHapus
  5. Mba saya mau tanya itu sistem gajinya gimana ? Apa tiap bulan kita gajian atau kalo udah dapet nasabah artinya kalo misal kita belum dapat nasabah kita gak gajian mba ? Hehe soalnya saya ada panggilan tes mba saya bingung mau tak ambil ato tidak ,, makasih sebelumnya mba 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapet nasabah atau engga, tiap bulan tetep digaji kok kak.

      Hapus
  6. Mbak, saya diterima di btpn syariah dan tinggal ttd kontrak mbak. Tapi saya masih agak ragu karqna saya tidak pandai mencari nasabah.
    Andaikan saya terima btpn nya dan saya tidak betah apakah ada penalty ketika saya resign mbak? Syarat kita bisa resign apa mbak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada penalti, cukup beritahu atasan 30 hari sebelum resign

      Ga harus pinter kak, nanti ada training nya kok

      Hapus
    2. Kak sy kan pgn dftr d bptn ya itu kendaraan beneran dpt? Fasilitas gitu? Atau kita yg dsuruh buat nyicil sendiri?

      Hapus
  7. Mba lama ga ya dari interview user ke ttd kontraknya? Kira kira brp lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interview user (MS) ke ttd kontrak sekitar 1 Minggu, maksimal banget 2 Minggu

      Hapus
    2. Saya udahh 17 hari gaada kabar pas saya tanya disuruh kirim berkas lagi ke pihak satunyaa,hufftt bismillah kira" ada ga ya yg kaya akuu ��

      Hapus
  8. Salam kenal mba😊.
    Aku baca crtanya mba diana jadi ketawa, terharu juga. Liat perjuangannya seperti itu.

    Aku besok senin ada panggilan kerja di btpn syariah juga.
    Kendaraannya bisa di bawa plg ga sih mba ? Apa harus di tinggal di wisma ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Annisa, salam kenal kembali

      Kendaraannya harus ditinggal di wisma mbak

      Hapus
  9. Mba itu kerja ny d kontrak berapa tahun?
    Ada pengangkatan karyawan tetap ga mba?
    Soal ny aku mau nyoba ikut tes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontrak 2 tahun. Setelah itu kayaknya bisa diangkat pegawai tetap (((kayaknya)))

      Hapus
  10. Halo mba diana, kebetulan aku jg mau daftar untuk posisi ini. Wilayah penempatan nya bisa pilih atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo penempatan Kabupaten, masih ada peluang untuk request. Tapi kalo udah penempatan di kecamatan-kecamatan, udah ga bisa milih. Pihak HRD yang nentuin

      Hapus
  11. halo mbak Diana, salam kenal. saya Hani. Penasaran bgt nih sma alasan resignnya mba. Sharing ke saya dong mba.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hani, salam kenal kembali ya :))
      Boleh boleh, chat di email ya dianaikesetiyanis@gmail.com

      Hapus
  12. mbak diana, apakah ada unsur ribanya dalam pengembalian pinjaman? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chat ulang di email aja ya dianaikesetiyanis@gmail.com, nanti aku jelasin disana

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum mba Diana. Blh g sharing pengalaman n alasan nya slma jd PS trs knp resign?? Btw aq email g bs,, blh line mba (>> rizkatarinah). Mkasih mba sbelumnya

    BalasHapus
  14. Halo mbak boleh tau tidak alasan resign kenapa? Saya sudah lolos tinggal melengkapi berkas dan ttd kontrak tp saya masih ragu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan chat di dianaikesetiyanis@gmail.com aja ya mbak. Trims

      Hapus
  15. Kak aku lagi bimbang nih masalah pembina sentra. Aku sangat tertarik dan besok pemmanggilan intervew.. cuma kemungkinan kalau dterima ortu kmungkinan ga ngiijinin..

    BalasHapus
  16. Mbak...saya udh chat mbak di email...tolong di bls ya mbak...
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. kesepakatan kontrak 2 th.. kemudian mbak resign stelah 2 bln. apakah ada ganti rugi ke BTPN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya. Gak ada ganti rugi apa pun. Tapi karena menyalahi kontrak, kamu gak akan dapet surat pengalaman kerja meskipun kamu resign.

      Hapus
  18. Mbak mau tanya, di hari aktif kerja bisa izin nggak?? Misal izin ikut tes cpns atau urusan keluarga

    BalasHapus
  19. Casino Tycoon, The Cromwell Hotel & Casino - Mapyro
    Find Casino 서산 출장마사지 Tycoon, The 전라남도 출장안마 Cromwell 동두천 출장마사지 Hotel & Casino, 과천 출장샵 United States of America, State of Michigan, revenue, 대구광역 출장마사지 industry and

    BalasHapus

Recent Comment

Member Of

  

Subscribe