Pengalaman Seleksi Pembina Sentra di BTPN Syariah

Maret 14, 2017

After a while, this would be my first post for this year. Kebangetan pake banget, udah hampir 3 bulan belum sempet posting apapun hehe.

Kali ini saya mau share pengalaman seleksi di BTPN Syariah. Posisi yang ditawarkan adalah Pembina Sentra. Kedengerannya agak asing ya? emang wajar sih. Karna jenis posisi ini cuma ada di BTPN Syariah, belum ada di bank-bank lain.


Sekitar jam 9 pagi, saya udah sampe di lokasi seleksi. Seleksi diadain di Universitas Bondowoso, yang jaraknya cuma sekitar 15 menit dari rumah. Howaaam. Kondisi masih sepi. Saya belum ngeliat satu pun petugas seleksi. Saya jadi plonga-plongo ga jelas. Zzz

Hampir sejam nunggu, saya cuma bisa nemuin temen-temen lain yang ga kalah plonga-plongo nya. Sampai akhirnya muncul pak satpam yang menginfokan "Dek, seleksinya di ruangan belakang, bukan disini". Kalo diibaratkan sebuah rumah, ruangan seleksi ada di halaman belakang, sedangkan kami stand by di teras depan. Yaelah. Pantesan aja di depan ga ada tanda-tanda seleksi.


Sesampainya di depan ruangan seleksi, udah berdiri mbak HRD yang manis (ini asli mbak nya emang manis) yang menyambut kami. Si mbak HRD langsung nyodorin kertas yang harus saya isi. Secara keseluruhan, isi kertasnya menyangkut biodata + lembar rekomendasi. Jadi disini saya diminta buat ngerekomendasiin 3 orang yang belum bekerja, buat gabung di BTPN Syariah. Berasa orang dalam aja ya hehe

Beberapa saat kemudian, si mbak HRD memulai acara. Sesi pertama dari seleksi adalah tes logika penalaran.  Soalnya lumayan mudah. Misal bangun A kalo dibalik jadi kaya apa. Bangun B kalo diputer ke kiri terus dibalik ke bawah jadinya kaya apa.


Sesi kedua adalah tes koran. Ini tes yang udah lama saya tunggu-tunggu. Saya udah rutin latihan tes koran di aplikasi android tapi belum pernah ngerasain real nya kaya gimana. Saya dikasih kertas yang besarnya beneran sebesar koran. Kertas full dengan deretan angka dari ujung kanan ke ujung kiri + ujung bawah ke ujung atas.


Sebelum bener-bener ngerjain, si mbak HRD ngasih kesempatan kami buat latihan bareng atau trial. Hasil trial saya bisa ngerjain sampe 80%. Huwaaa seneng dong saya. Eh tapi pas ngerjain beneran, saya mentok cuma bisa ngerjain 60% aja. Saat ngeliat respon temen-temen yang lain ternyata juga sama. Si mbak HRD menguatkan "Jangan khawatir meskipun ga bisa ngerjain lengkap. Karna sampe sekarang pun saya belum pernah nemuin yang bisa ngerjain sampe 100%". Yeay! kesempatan buat lolos masih ada.

Sumpah pas ngerjain tes koran tangan saya pegel banget. Respon dari mata harus segera sampe ke otak dan otak nerusin ke tangan buat nulis jawabannya. Dan yang capek ternyata tangan saya hehe. Saking pegel nya, saya sampe nge-lap tangan saya. Mungkin dia tegang kali ya, kebiasaan di gadget terus pindah ke kertas. Biarpun tes ini butuh konsentrasi tinggi, tapi jujur tes ini seru banget.

Setelah 2 tes tadi, si mbak HRD ngotak-atik laptop lalu ngeputerin video yang berkaitan dengan Pembina Sentra. Seharusnya, video ini diputerin di awal. Cuma karna ada kendala teknis jadinya baru bisa diputerin pas akhir. Yang saya tangkep dari video itu adalah, kisah ibu-ibu di pelosok sana yang pada awalnya kesulitan secara ekonomi, bisa terbantu dengan adanya pinjaman modal usaha dari BTPN Syariah. Wussssh. Hati saya tersentuh. Rasa nasionalisme saya muncul lagi setelah sekian lama cuma jadi bayangan semu.

Setelah video selesai. Si mbak HRD ngasih kami waktu 1 jam buat ishoma. Ada waktu ishoma karna kami masih harus balik ke sini buat ngeliat pengumuman dari 2 test sebelumnya. Kalo lolos, bisa langsung wawancara hari itu juga. Gila gila gila. Prosesnya gercep. Dan spesialnya lagi, pengumuman wawancara (tes akhir) diumumin hari itu juga. Jadi ga perlu lagi pulang ke rumah bawa oleh-oleh rasa deg-deg atau was-was gegara mikirin hasil tes.


Singkat cerita saya lolos seleksi. Ini adalah seleksi pertama yang saya ikuti di Bondowoso dan saya lolos. Saya ngerasa ada restu Ibu saya disini. Karna beliau sangat ingin anaknya ini bisa kerja di Bondowoso. Jangan di luar kota ((( jangan ))). OH MOM. I WILL DO EVERYTHING FOR YOU. BIG HUG.

Baca juga : Pengalaman sebagai Pembina Sentra

You Might Also Like

48 komentar

  1. Mbak, dapet info lowongan dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Jobfair yang diadain disnaker
      2. langsung sms ke nomer HRD (sesuai region)

      posisi PS selalu buka lowongan kok mbak, tinggal nunggu tanggal tes nya aja

      Hapus
    2. Untuk HRD region bondowoso kontaknya lihat dmn ya mbak?

      Hapus
    3. ada email mbak? ku cari dulu ya nomer nya, nanti aku kirim lewat email

      Hapus
    4. Ada mbak
      Shelianafarin@gmail.com
      sebelumnya terimakasih banyak mbak

      Hapus
  2. Balasan
    1. Setelah proses seleksi comunity officer berapa lama lagi nunggu kabar proses berikutnya mbk tritrimaka

      Hapus
  3. Saya rencana mau melamar kerja jdi pembina sentra dibtpn syariah kak boleh tanya2 seputar pekerjaannya kak? klo boleh saya minta emailnya, terimakasih

    BalasHapus
  4. Kak, numpang nanyak ya. Aku kan udah rabu 17 mei kemarin interview user sama mms yang d wisma terus aq juga udah dapet surat pernyataa. Itu kemungkinan saya ketrima apa gak ya. Kog sampek sekarang belum ada panggilan buat ttd kontrak. Mohon infonya ya kak. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pengalaman, rata2 diterima kok. Interview user lebih ke arah mengenalkan kondisi kantor atau kerjanya kaya gimana. Biar bener2 mantep pas ttd kontrak.

      Tenang tenang, Bismillah segera dihubungi

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Biasanya gitu brapa lama ya nunggu hhasilketrima engganya nunggu ttd kontkon nya

      Hapus
  5. Mudah2an aja ya kak. soale aq Soale kemarin pas d wisma aq juga disuruh ngisi surat pernyataan.
    Makasih infonya kak

    BalasHapus
  6. Mudah2an aja ya kak. soale aq Soale kemarin pas d wisma aq juga disuruh ngisi surat pernyataan.
    Makasih infonya kak

    BalasHapus
  7. Udah seminggu kog belom d panggil juga ya kak.? Bingung ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga udah 2 minggu blm ada panggilan buat ttd kontrak ya

      Hapus
  8. @sri rulianti. Km daftar d kota mana kalo boleh tau.?
    Aq d surabaya.
    Aq jg udah hampir 2 minggu ini.
    Kira2 d terima gk ya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pangandaran kak, ga tau kk udh ada panggilan blm?

      Hapus
    2. Aq sampek sekarang jg belom ada panggilan kak.
      Padahal udah 2 minggu lebih

      Hapus
    3. Mudah mudahan cpt ada panggilan ya kak, sy jg udh 3 minggu

      Hapus
    4. Gimana kak..?
      Udah ada panggilan belum.?

      Hapus
    5. Ka srii udahh mulai kerjaanya? Aku jugaa udh 17 harii blm dipanggil untuk ttd kontraknya

      Hapus
    6. Ka srii udahh mulai kerjaanya? Aku jugaa udh 17 harii blm dipanggil untuk ttd kontraknya

      Hapus
  9. Mbak maaf mau tanya
    Kan ttd kontrak 2th
    Seumpama kerja baru 1Bulan terus resign gmna ?
    Ada denda atau gimana mba?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada denda mbak. Cukup beritahu MS 30hari sebelum resign.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Ga harus mbak. Ada beberapa teman yang ga berhijab kok.

      Hapus
  11. Itu kalo mau tesnya ada penilaian dari segi fisik kah kak? Dan tips supaya lulus tes gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. So far ga mentingin fisik kok kak. Tips nya pinter itung2an, + teliti dan pas wawancara harus jawab dengan mantap, ga pake cengengasan

      Hapus
  12. Kak diana saya udh tes tanggal 4 dan saya udh konfirmasi data dr tanggal 13 tp sampe skrg blm ada panggilan kerja. kemungkinan bakal ada panggilan apa enggak ya ka. soalnya udh 2 minggu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah tetep dipanggil kok kak. Karna juga ada salah satu temen yang baru dipanggil bahkan setelah 2 bulan. Jadi, tinggal nunggu waktunya aja kak.

      Hapus
  13. Kak saya kemarin sudah interview tahap 1. Trs bsk ini interview tahap 2 tp kok tmpatnya di MMS mksdnya gmn ya ? Tolong d balas
    Makasih

    BalasHapus
  14. Kak mau tanya, ini sdh sebulan masukkan lamaran kog blom di panggil2 ya kak, dlu waktunya ap lama juga?

    BalasHapus
  15. Ka tinggi badan diliat engga sih ka?

    BalasHapus
  16. Kak kalo untuk pembina sentra sendiri emang harus ad skill khusus gk sih soalnya kan sy lulusan SMA jd msh awam bgt dan dn gk banyak yg sy kuasai

    BalasHapus
  17. Ada tes kesehatan juga nggak ? Kalo boleh tahu, apa aja ya ?

    BalasHapus
  18. Ass mbak .mbak klau udh interview tiap 1 dan tahap 2. Lalu tdk ad kabar lg gmna mbak ? Itu udh gagal y mbak ?? Lalu klau gagal apa bisa lg mencoba d wktu yg akan dtg mbak ? Cara melamarnya lewat online mbak . .makasih mbak

    BalasHapus

Recent Comment

Member Of

  

Subscribe