Tips Telat Masuk Kuliah

April 15, 2014

 

Engga tau kenapa, tiba-tiba aja aku pengen nulis dan berbagi tentang hal ini. Sedikit kontroversi mengingat kita sebagai pemuda penerus bangsa masih tidak disiplin. Tapi kawannn, aku juga nggak tau sejak kapan aku jadi suka telat gini, dan wahai INDONESIAku, aku nggak pernah punya maksud untuk menurunkan derajat pemudamu. Sungguh!

Okee sebelum kita mulai tips telatnya, kita identifikasi dulu, kira2 apa yang ngebuat mahasiswa telat?

1. Ini adalah jawaban tersulit karena aku sendiri pun bingung hal utama apa yang ngebuat aku telat every day! Nah lho? Kesadaran? Aku sadar kok kalo aku telat dan itu nggak baik. Bangun kesiangan? Aku juga jarang banget bangun kesiangan. Bahkah nih, kadang aku uda siap berangkat 30 menit sebelum masuk kawan, tapi tetep aja aku baru berangkat 5 menit sebelum masuk, atau pas uda masuk, dan terkadang 10-15 menit setelah masuk aku baru berangkat dari kos, parah bukan? (ini salah satu tanda kalo aku itu sadar sikapku udah parah) terus yang jadi penyebab mahasiswa telat itu apa donk? tetap! Penyebab utamanya adalah KESADARAN mahasiswa itu sendiri

2.  NO ACTION
Kalo mahasiswa uda sadar tapi nggak ada action, itu sama dengan OMDO alias omong doank (serasa nyindir diri sendiri) oke lanjuttt

3. KOS JAUH
Kos yang jauh biasanya menjadi salah satu penyebab mahasiswa telat, karena mereka tidak pernah tau kondisi jalan macet atau enggak

4. KOS DEKAT
Lho, kok bisa? Ini nyata terjadi padaku sendiri kawann, kenapa aku telat padahal kos ku dekat dari kampus? Karena aku sedikit mengabaikan keterlambatanku dan merasa safe karena kos ku dekat. Meskipun aku berangkat 10 menit setelah jam masuk, 5 menit kemudian (dengan sedikit ngos-ngosan, karena di fakultasku belum ada lift dan kelasku rata-rata berada di lantai 3) aku sudah sampai di kelas. Dan Alhamdulillah, sampai saat ini aku belum pernah diusir dari kelas, yeah!!

5. KORBAN PHP DOSEN
waktu aku berangkat on time bahkan terkadang in time (itu dulu, duluuu banget) eh ibu atau bapak dosen malah telat. Dengan 10-20 menit mereka telat, aku masih bisa sarapan dulu di kosan. Dan dengan menunggu kedatangan dosen yang telat, menurutku itu sedikit membuang waktu, karena di kelas pun jarang terlihat mahasiswa yang diskusi pelajaran sembari menunggu dosen

Okeee kawann, udah tau kan sedikit alsan kenapa mahasiswa telat? Dan sekarang mari kita cek tips telat masuk kuliah ala mahasiswa telat profesional, ihirr

1. CARI TEMAN TELAT
Hal ini sangat penting buatku, aku nggak peduli uda telat berapa menit pun asalkan ada temennya. Karena dengan adanya teman seperjuangan ini, beban telah terbagi. Hehe So, hapalin tiap anak yang suka telat. Kalo kita udah tau bakalan telat, cepat sms dia dan bilang " berangkat bareng ya". End yu now gais? Everi dey kelakuan ku ya begini, tapi untungnya partner telat ku ini sahabat ku sendiri, dan kosannya juga berjarak sekitar 5 rumah dari kosan ku. Jadi tiap hari sms nya bukan lagi "berangkat bareng ya" tapi "udah berangkat?" atau "udah siap?" atau juga "aku otw" klo udah sms otw gitu tuh, biasanya aku langsung keluar kos dan nunggu dia di depan kos (arah ke kampus melewati kos ku)

2. SMS TEMEN YANG UDAH DI KELAS
Kalo udah terlambat parah, segera sms temen dan tanyain dosennya udah datang atau belum. Kalo udah datang, percepat langkahnya. Kalo belum, santai aja lagi kwkw

3. HAFALIN KENDARAAN DOSEN
Terkadang jaringan telekomunikasi seluler tidak selalu dalam kondisi normal sehingga sms kita nggak terkirim. Kalo hal ini terjadi, pada saat ngelewatin parkiran (tetap dengan langkah cepat namun mata tetap fokus) lihat kendaraan dosen uda ada atau belum. Kalo uda ada, cepetan lariiii!

4. CARI JALAN ALTERNATIF
Di dekat parkiran fakultas ku, ada tangga yang langsung menuju lantai 3, tapi sayangnya pintu depan tangga itu jarang banget dibuka. So, sebelum masuk gedung, aku selalu ngecek, pintu tangga parkiran di buka atau enggak. Jadi kawannn, carilah jalan tol dan tol nya pun harus terpendek menuju kelas. Okee tukang telat :P

5. ATUR NAFAS
Partner telat ku memiliki postur tubuh tinggi sehingga dia bisa melangkah lebih cepat, sedangkan aku? hiks hiks (abaikan) jadi aku harus menyesuaikan langkahku bagaimanapun kondisinya. Atur lah nafas kalo hal ini juga terjadi pada kalian. Cukup mudah kok, tinggal ambil nafas, hembuskan, ambil lagi dan hembukan lagi, lagi dan lagi. Hal ini bisa memberi energi tambahan hingga kita sampai di kelas. Kalo aku sendiri, ini ngasih energi tambahan pas waktu naikin tangga 

6. TIDAK MENGGANGGU KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
Kalo udah sampe di kelas, segeralah duduk. Tidak perlu minta maaf ke dosen, apalagi pas beliau lagi jelasin materi. Biasanya kalo kita masih minta maaf, mencium tangan dosen or sampe ngejelasin alasan keterlambatan, dosen malah risih karena itu sama aja uda ngeganggu KBM. Jadi menurut pengalamanku, cukup merunduk dan rendahkan kepala ke dosen yang lagi ngajar maka dosen akan memaklumi (tapi mungkin dalam hati beliau uda @#$%^&UYTSR$^%* kali ya)

6. TEMPAT DUDUK
Biasanya kalo udah telat nih, tempat duduk yang kosong itu tempat duduk yang di depan sendiri. Tempat duduk yang di belakang selalu penuh gais! So, nggak usah deh pake acara nyari tempat duduk di belakang atau strategis kalo nggak pengen jadi pusat perhatian. Langsung aja langkahkan kaki menuju tempat duduk yang di depan dengan PD. Ingat! dengan PD yang nggak pake tolah-toleh segala. Anggap aja itu adalah bentuk kasih sayang teman-teman yang udah nyiapin tempat duduk buat kita hehehe.

Okee sekian dulu tulisan untuk kali ini. Aku mau kuliah dulu, udah telat nih :D

You Might Also Like

2 komentar

Recent Comment

Member Of

  

Subscribe