Belajar Mengenal 4 Tipe Karakter

Desember 17, 2016

Berkali-kali saya ngetik, hapus, ngetik lagi, dan dihapus lagi. Sebenarnya tulisan ini peralihan dari pertandingan AFF. Baru 2 menit di babak kedua, gawang Indonesia sudah kebobolan bola lagi. Saya langsung hilang nyali. Ga berani nonton lagi. Iya, ga berani nonton tapi tetep fokus dengerin suara si presenter wkwk.

Abis ga tega ngeliat Kurnia Meiga langsung pucet gitu. Apalagi suporter Indonesia di sana dikit, pasti ngaruh juga tuh ke mental pemain. Sedangkan suporter si tuan rumah Thailand jumlahnya sangat banyak. Udah banyak, eh berisik pula *yakali di stadion diem-dieman*

Gegara ngeliat kekompakan tim dalam pertandingan bola, saya jadi inget organisasi semasa kuliah. Kami juga dituntut untuk bisa kompak. Saling menyatukan pemikiran sekalipun beda-beda karakter.

 
Ga heran sih kenapa organisasi saya sampe bela-belain ngadain training tentang karakter, karna hasilnya emang bisa jangka panjang. Dengan mengenal 4 karakter ini, kami terbantu untuk bisa memahami satu sama lain. Bayangin aja, hampir setiap hari ketemu. Bukan ga mungkin bakalan muncul konflik. Jangan tanya ngapain aja sampe ketemu setiap hari. Karna jawabannya hanya 1 kata. Rapat.

Daritadi ngomongin karakter terus ya. Emang apa aja sih? Secara garis besarnya, bisa digambarkan seperti ini :

1. Koleris


2. Melankolis



3. Sanguinis



4. Phelgmatis



Setelah ngebaca 4 karakter tadi. Mana nih yang paling mendekati karaktermu? Men-de-ka-ti lho ya, ga harus sama semuanya. Kalo kamu belum nemuin, coba deh cek lagi diatas. Bakalan saya tunggu kok, ga akan ngilang apalagi berhenti nulis. Tau ga kenapa? karna pertandingan bolanya udah selesai wkwk. Btw sampe di menit terakhir, Timnas belum berkesempatan untuk mencetak gol. Its okay Timnas, setidaknya kalian sudah mempersembahkan yang terbaik.

Back to the topic. Setelah lepas dari organisasi, saya bergabung di suatu kepanitian. Saya bertemu dengan... sebut saja Siti. Meskipun baru kenal, saya sudah merasa cocok dengannya.

Suatu hari saat makan siang, kami ngebahas tentang tipe-tipe karakter. Rupanya si Siti ini punya karakter melankolis. Sedangkan saya... ah tar aja deh. Sesampainya di kosan saya masih memikirkan pembahasan kami tadi. Saya juga masih heran kenapa kami bisa begitu cocok. Karna rasa penasaran yang teramat sangat, saya akhirnya ngehubungi para sahabat. Saya meminta mereka untuk tes karakter. Hehehe sok penting banget ya

Setelah beberapa saat, mereka ngehubungi saya kembali. Dan hasilnya... Yang satu melankolis, yang satu lagi melankolis, yang satu lainnya lagi melankolis, terus yang satu berikutnya juga melankolis, eh yang satu berikutnya lainnya lagi juga melankolis. Oh My God, mereka semuanya melankolis. Fyi, mereka ini saya temukan di tempat dan waktu yang berbeda lho. Ada yang di SMP, SMA, kuliah, organisasi, bahkan di kosan. Dan sekali lagi, semuanya punya karakter yang sama, melankolis. Dari sinilah saya akhirnya menyadari, bahwa saya si koleris memang cocok dengan melankolis. Alamak.. Bisa jadi kriteria jodoh idaman nih huahaha

Sejak saat itu, saya mulai benar-benar belajar untuk mengetahui karakter orang lain. Terkadang saya juga bisa merasakan karakter seseorang setelah 1 jam ngobrol. Tapi tetep aja, hal ini ngebawa efek positif dan negatif terhadap hidup saya.  Positifnya, saya lebih siap dan enjoy saat berinteraksi dengan orang berbagai karakter. Negatifnya, saya jadi nyerah duluan kalo harus ngebina persahabatan dengan karakter di luar melankolis. Saya merasa bahwa sekalipun gunung berapi ngeluarin es cream, kita ga akan pernah benar-benar klik. Tetep akrab, sering have fun bareng, tapi ga bisa dari hati ke hati. You know what i mean lah

eh apa?
Kamu masih kesulitan nentuin karaktermu? Tenang tenang, kamu bisa tes karaktermu disini. Selamat mencoba :)

You Might Also Like

18 komentar

  1. Kalau saya sepertinya cenderung ke koleris..hehe, kayaknya sih..Btw, salam kenal Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kita samaan dong. Salam kenal kembali mba Dian :))

      Hapus
  2. Aku apa yaaaa, soalnya ada beberapa yg gabungan hihihi
    Tp koleris yg banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mbak karakternya kombinasi tuh. Banyak juga kok yang begini hehe

      Hapus
  3. Waduh.. Ada di semua jenis ik.. Udah ketahuan saya tipe galau... *bikin tipe sendiri.. Hahaha

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Alhamdulillah, dipuji senior
      *nyengir mode on*
      *guling guling ga jelas*

      Hapus
  5. Kalo sya tipe melankolis, mbk. Wah, sya jd pngen nyoba ke sahabt2 saya, mreka tipe krkter apa.😄😄

    BalasHapus
  6. Aku udah pernah ikut test dulu mbak. Dan hasilnya plegmatis.

    BalasHapus
  7. saya juga melankolis, always tes, dan hasilnya selalu melankolis

    BalasHapus
  8. Saya kok merasa gabungan antara koleris dan melankolis ya. Maklum serdadu hahaha
    Terima kasih pencerahannya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    BalasHapus

Recent Comment

Member Of

  

Subscribe