Analisis Kualitas Air

Desember 13, 2013



Tugas Mata Kuliah Limnologi



Dari grafik ini dapat disimpulkan bahwa kualitas air di Sungai Kahayan khususnya di daerah karamba ikan dari bulan Maret 2011 sampai dengan bulan Maret 2012 menunjukkan adanya penurunan kualitas air untuk 6 parameter yang diamati yaitu : suhu, pH, DO, CO2, ammonia dan kecerahan,  penurunan ini dapat di sebabkan karena curah hujan yang tinggi pada tahun 2011 bila dibandingkan pada tahun 2012 selain itu adanya aktivitas manusia di sepanjang sungai Kahayan, sehingga menyebabkan perubahan kualitas air di Sungai Kahayan khususnya daerah karamba ikan.
Menurunnya kualitas air sungai Kahayan akan berpengaruh bagi biota air terutama ikan yang dibudiyakan dalam karamba. Walaupun terjadi penurunan kualitas air di daerah karamba sungai Kahayan tidak terlalu mengganggu kegiatan budidaya ikan patin di karamba sungai Kahayan khususnya untuk bulan Maret 2011 sampai dengan Maret 2012, artinya kualitas air masih dapat ditoleransi ikan.


Daftar Pustaka :

Minggawati, I. dan Saptono. 2012. Parameter Kualitas Air untuk Budidaya Ikan Patin (Pangasius pangasius) di Karamba Sungai Kahayan, Kota Palangka Raya. Fakultas Perikanan Universitas Kristen Palangka Raya: Palangka Raya




You Might Also Like

2 komentar

  1. halo,
    kak kmrn habis magang di tambak udang bayeman tongas y?
    hmm... sy bs minta laporannya kah? sy sedang butuh referensi tntng tambak udang disana..
    mkasih. salam kenal,
    bima

    BalasHapus

Recent Comment

Member Of

  

Subscribe