Ngobrol Bareng MPR Mengobarkan Semangat Nasionalisme

November 07, 2017

Hiduplah tanahku
Hiduplah negeriku 
Bangsaku rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya untuk Indonesia Raya

Hati kembali bergetar ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama dengan para netizen kemarin. Ya. Saya akui kalo udah lama banget ga nyanyiin lagu ini. Kalo diinget lagi, terakhir kali itu wisuda tahun kemarin.

Kemarin, tepatnya tanggal 4 November 2017 saya berkesempatan untuk mengikuti acara Netizen Surabaya Ngobrol Bareng MPR di Fair Field by Marriott Surabaya. Judul aja Netizen Surabaya, faktanya netizen yang hadir berasal dari berbagai kota di Jawa Timur. Ada Kediri, Malang, Gresik, Sumenep (kota paling timur di Pulau Madura) bahkan saya sendiri juga dari Sidoarjo (sudah migrasi, lagi dan lagi).

Salah satu view di Fair Field by Marriott

Saya sempat bertanya-tanya. Rindu? Kenapa perasaan rindu itu ada? bukankah seharusnya hal ini menjadi keseharian?. Ternyata saya menemukan perbedaan "kadar nasionalisme" pada ritme dunia kerja dan dunia perkuliahan. 

Di dunia perkuliahan... Ah.. rasanya saya ga bisa move on dari perkuliahan yang begitu menghiasi hidup saya. Belajar banyak hal. Ketemu banyak orang. Beragam banyak rasa. Eh kok malah curhat hehe. Saat kuliah, mahasiswa selalu digadang-gadang sebagai agent of change (masih inget banget pas MABA disuruh bikin essai tema ini 😄). Kita berlomba-lomba untuk memberi yang terbaik buat negeri ini. 

Ada isu dikit, kita langsung diskusi. Ada bencana alam, langsung turun tangan buat penggalangan dana. Ada peringatan hari nasional, langsung gercep ngadain event. Ada yang ga bener, langsung demo. Ehh yang terakhir ini harus dengan pengkajian yang detail yaa. 

Dan sekarang, saat sudah berada di dunia kerja. Boro-boro ya mau diskusi, liat berita aja itu rasanya udah abot (keliatan banget stress kerja wkwk). 

Bersama netizen lainnya

Yang saya lakuin sehari-hari cuma berusaha menjadi pribadi yang baik. Loh udah gini kok masih ada perasaan "rindu"? Karna saya menjalaninya ga pake hati bruh. Cuma sekedar "yang penting udah baik" tanpa menghidupkan jiwa nasionalisme. Ibaratnya, hidup hanya sekedar hidup yang kera pun juga bisa. 

Inilah kenapa kemarin saya seneng banget pas terpilih untuk mengikuti acara Ngobrol Bareng MPR. Karna inilah yang saya butuhin. Nasionalisme saya perlu dicas biar ga segitu-segitu aja.

Acara Ngobrol Bareng MPR ini menghadirkan Bapak Ma'ruf Cahyono selaku Sekretaris Jenderal MPR RI. Andriyanto selaku Kepala Bagian Pengolahan Data dan Sistem Informasi MPR RI. Dan Mbak Avy, blogger yang ikut event Ngobrol Bareng MPR sedari tahun 2015.

Andriyanto-Ma'ruf Cahyono-Mbak Avy
(foto by Kang Erik)

Ada banyak hal yang saya pelajari dari Ngobrol Bareng MPR ini (saking antusiasnya dengerin materi sampe ga sempet foto banyak). Salah satunya adalah saat Bapak Ma'ruf Cahyono mengatakan bahwa Pancasila itu bersifat terbuka. Yaang artinya, dapat disesuaikan dengan kondisi dan kepribadian masing-masing. Ini sekaligus juga menjadi teguran buat saya bahwa berada dalam dunia kerja bukan berarti kadar nasionalismenya menurun. Sekalipun bukan mahasiswa lagi, bukan berarti pensiun dari agent of change. Karna "amanah" ini akan tetap ada sampai akhir hayat. Yang pasti ini jadi PR banget buat saya. 

UUD ter-instagramable yang pernah saya miliki 

Pada akhirnya, saya bersyukur banget telah diberi kesempatan mengikuti acara ini. Dan habis ini, nasionalismenya ga boleh segitu-gitu aja dong. Semangat berubah! Semangat membawa perubahan untuk negeri! 

You Might Also Like

2 komentar

Recent Comment

Member Of

  

Subscribe